Jokowi Ajukan Cuma Satu Nama Calon Kapolri ke DPR

Kepolisian Republik Indonesia [Foto: Dok. GOOD INDONESIA]

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Jazilul Fawaid meyakini Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo akan mengusulkan satu saja nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

”Menyangkut nama, saya berkeyakinan yang diusulkan hanya satu. Dalam pandangan saya, pasti Presiden atau Kepolisian lebih senang kalau ditunjuk hanya satu nama daripada banyak nama,” ujar Jazilul kepada jurnalis, Kamis, 7 Januari 2021.

Sejumlah nama jenderal bintang tiga ramai disebut-sebut sebagai calon kuat Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis, yang segera pensiun.

[Baca juga: Terseret Kasus Joko Tjandra, KAMI Desak Jokowi Reformasi Polri]

Calon-calon dimaksud, antara lain Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar dan Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

Ada pula nama Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

”Ya, nama-nama itulah kira-kira calon terkuat. Kalau mulanya ada sepuluh nama perwira, kemudian mengerucut menjadi lima, kemudian menjadi tiga nama, dan akhirnya hanya akan ada satu nama yang diserahkan ke DPR,” tukas Jazilul, juga anggota Komisi III DPR, yang kerap disapa Gus Jazil.

Gus Jazil menilai kandidat tersebut memiliki rekam jejak (track record) dan prestasi yang memenuhi syarat menakhodai Polri.

“Sisi kepangkatan sudah cukup. Kalau sisi track record dan prestasi tergantung Presiden untuk menilai mana yang layak duduk sebagai Kapolri. Semuanya punya prestasi bagus, tinggal Presiden membutuhkan yang seperti apa, ya, tentu yang ada kecocokan dengan Presiden karena apapun Kapolri ini harus bisa mendukung semua kebijakan Presiden,” paparnya.

[Baca juga: PBNU Desak Polri Tangkap Buronan Harun Masiku]

Presiden Jokowi kemungkinan bakal menyerahkan nama calon Kapolri ke DPR pekan depan. Hal ini menyesuaikan dengan jadwal DPR yang mulai kembali aktif pada 11 Januari mendatang.

Politikus, juga Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB), ini menjelaskan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, Presiden memiliki kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan Kapolri.

Dalam mengusulkan nama calon Kapolri ke DPR, Presiden menerima pertimbangan dari Komisi Kepolisian Nasional. []GOOD INDONESIA-ASM

Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV

INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here