Peluncuran Mandalika Racing Team Indonesia Mendadak Diundur

Tunggangan Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) [Foto: pmjnews.com - GOOD INDONESIA]

Peluncuran Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) mendadak diundur ke 9 November 2020. Rencana awal perkenalan tim yang bakal turun di MotoGP kelas Moto2 tahun depan pada 28 Oktober 2020, bertepatan Hari Sumpah Pemuda.

Sebelum ditunda, agenda peluncuran dipersiapkan di komplek Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Belakangan, rencana ini memicu polemik. Pihak Kemenpora belakangan tak memberikan izin.

Ketua MRTI Muhammad Rapsel Ali dalam keterangan resminya mengonfirmasi keberatan pihak Kemenpora dimaksud. Padahal jajaran MRTI telah berkoordinasi soal rencana peluncuran tersebut, antara lain bertemu dengan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Brata pekan ini.

“Tidak seharusnya pembentukan Mandalika Racing Team Indonesia menjadi polemik. Keinginan memiliki tim balap sendiri seperti harusnya mendapat dukungan penuh dari seluruh pihak,” ujar Rapsel.

Ditambahkan, MRTI pada peluncuran tim juga berencana memperkenalkan artis Raffi Ahmad sebagai brand ambassador.

Menurut Rapsel, pihaknya memiliki misi mulia dalam menghadirkan MRTI. Saatnya Indonesia sebagai pasar otomotif raksasa terbesar unjuk gigi dalam satu musim penuh seri MotoGP. Bukan hanya memanfaatkan jatah wild card sebagai tuan rumah.

“Bakat-bakat muda kita harus diorbitkan lewat pembinaan berjenjang dan kesempatan berlomba di level tertinggi. Semangat ini yang sedang dibangun MRT Indonesia,” kata Rapsel yang juga anggota Komisi VI DPR RI.

Sementara itu, pihak Kemenpora melalui keterangan persnya menjelaskan kementerian mendukung sepenuhnya penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Meski demikian, Kemenpora tidak ingin melampaui kewenangan terkait persiapan ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

“Kemenpora harus menjelaskan lagi kepada masyarakat umum bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar pihak Kemenpora.

Kemenpora sebagai penanggung jawab bidang keolahragaan membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim pebalap untuk MotoGP Mandalika.

“Namun demikian harus berkoordinasi dengan pihak IMI (Ikatan Motor Indonesia) selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor, baik mobil maupun sepeda motor,” lanjut pihak Kemenpora.


Pebalap Nasional

MRTI diperkuat pebalap nasional Dimas Ekyy Pratama yang telah mencicipi arena Moto2 tahun lalu. Ia kemungkinan dipasangkan dengan pebalap profesional luar negeri.

Tim Indonesia akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765cc, yang dipakai seluruh tim Moto2.

Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim boleh memakai sasis berbeda, seperti Kalex, MV Agussta, NTS, dan Speed Up.

Musim MotoGP 2020 menyisakan empat seri lagi. Penutupan digelar di Portugal pada 22 November, sebelum tes pramusim pada transisi tahun mengawali musim kompetisi baru. []GOOD INDONESIA-LMC


Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV


INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here