Empat Gunung Bersejarah Jejak Rasulullah Muhammad SAW

Ziarah ke Jabal Uhud [Foto: umrohmudahafi.com - GOOD INDONESIA]

Jabal Uhud

Jabal Uhud adalah bukit terpanjang di Madinah yang membentang enam kilometer. Nama Jabal Uhud bisa diartikan bukit yang menyendiri.

Berbeda dengan umumnya bukit dan gunung di Madinah yang saling menyambung, Jabal Uhud tidak bersambungan.

Jabal Uhud menjadi saksi bisu dari Perang Uhud pada 625 silam. Sebanyak 70 orang syuhada gugur dan dimakamkan di sana.

Nabi Muhammad SAW kerap ziarah ke Jabal Uhud. Kini, umat muslim yang ke Tanah Suci untuk umrah atau haji pun kerap ke Jabal Uhud untuk berziarah.

Jabal Rahmah

Gunung batu ini terletak di bagian timur Padang Arafah di Makkah. Gunung ini saksi abadi pertemuan Adam dan Hawa setelah ratusan tahun berpisah setelah diturunkan Allah SWT dari surga.

Di tempat ini Rasulullah SAW menerima wahyu yang terakhir, yaitu Surah al-Maidah ayat 3. Turunnya ayat ini membuat para sahabat bersedih karena mereka merasa akan kehilangan Rasulullah SAW. Tak berapa lama kemudian Rasulullah SAW wafat.

Jabal Nur

Di Jabal Nur terdapat sebuah gua yang sangat bersejarah, yaitu Gua Hira. Di gua inilah Rasulullah SAW sering menyepi dan merenung.

Hingga akhirnya Allah menurunkan wahyu pertama kenabiannya di gua ini, yaitu Surah al-‘Alaq ayat 1 sampai 5, tepatnya pada 17 Ramadhan.

Jabal Tsur

Jabal Tsur atau Gunung Tsur memiliki sejarah tinggi. Di gua Tsur yang terdapat di gunung ini, Rasulullah pernah bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy saat berhijrah dari Makkah ke Madinah. Saat itu Rasulullah SAW ditemani Abu Bakar Ash Shidiq. []GOOD INDONESIA-ALY

Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV

INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here