WNI di Luar Negeri ‘Nyoblos’ Pemilu 2019 Lebih Awal

Hak pilih pasien rumah sakit terakomodasi berkat TPS dan petugas khusus yang disiapkan jauh-jauh hari (Istimewa/sindonews.com)

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hari pemungutan suara Pemilu 2019 untuk warga negara di luar negeri (WNI) lebih dahulu. Jadwal pencoblosan dalam negeri serentak pada 17 April 2019.

“KPU mengambil kebijakan untuk pemungutan suara di luar negeri itu early voting atau pemilihan lebih awal. Dalam negeri, kan, pemungutan suara pada 17 April 2019. Di luar negeri diberikan kesempatan pada 8-14 April 2019 tetapi penghitungannya tetap sama, 17 April 2019,” Komisioner KPU Hasyim Asyari menjelaskan di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 24 April 2018.

Hasyim menambahkan KPU menyiapkan tiga metode untuk pemilih di luar negeri. Metode pertama mirip di Indonesia, WNI mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) di kedutaan atau konsulat jenderal (konjen) Indonesia.

“Kedua, meggunakan kotak suara keliling, atau kalau dulu istilahnya dropbox. Pada jam tertentu petugas TPS keliling ke tempat WNI kita berada,” ucapnya.

Ketiga, melalui pos. “Pengalaman selama ini yang paling banyak menggunakan pos,” tutur Hasyim.


Coklit Luar Negeri

Sebelumnya, KPU telah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara serentak untuk Pemilu 2019, termasuk perwakilan KPU di luar negeri. Coklit dilakukan dengan sistem video conference.

“Hal ini untuk melakukan pencocokan dan penelitian atau disebut coklit data pemilih pemilu 2019 secara serentak dengan 130 kantor perwakilan RI di luar negeri,” kata komisioner KPU Viryan Aziz di Kantor KPU, Jakarta (17/4/2018).

Video conference dilakukan dari operation room KPU dengan perwakilan RI di luar negeri: di Kinabalu (Malaysia), Manila (Filipina), Soul (Korea Selatan), Kuala Lumpur (Malaysia), Sydney (Australia), New York (Amerika Serikat), Den Haag (Belanda), dan Riyadh (Arab Saudi). []


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here