Kapolda Tak Rinci Modus Komandan Penyerang Polsek Sinai Kumpulkan Amunisi

Irjen Polisi Paulus Waterpauw / Foto: topikpapua.com - GOOD INDONESIA

Timika – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw kembali memberikan penjelasan perihal penangkapan Iris Murib, komandan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Mimika, Papua.

Paulus mengutarakan Iris, buronan kasus penyerangan Markas Kepolisian Sektor (Polsek) Sinai pada 17 Desember 2015 dan penyerangan polisi di Nduga, diringkus saat sedang mengumpulkan amunisi. Ditengarai kelompok Iris tengah menyusun rencana penyerangan.

“Dia turun dari gunung untuk mencari dukungan pasokan bahan makanan untuk kelompoknya. Selain itu sedang mengumpulkan amunisi. Kami masih dalami rencana kelompoknya melakukan aksi,” kata Paulus di Markas Polres Mimika, Sabtu, 23 November 2019.

Paulus tak bersedia menjelaskan modus Iris menghimpun amunisi dimaksud. Kapolda hanya beberapa kali menegaskan bahwa Iris sosok sadis. Dia buronan yang selama ini menjadi target utama jajaran Polda Papua.

Penangkapan Iris dilakukan pada Kamis (21/11/2019) di Kali Pindah-pindah, Distrik Iwaka, Timika, Kabupaten Mimika. Iris ditangkap pukul 14.21 Wit.

Penangkapan dilakukan di tim gabungan Polda Papua dan Polres Mimika. Untuk pengembangan kasus, Iris dikirim ke Markas Polda Papua di Jayapura.


3 Tewas dan 2 Luka

Penyerangan di Polsek Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, terjadi pada Minggu malam (27/12/2015, sekitar pukul 20.45 WIT. Pelaku berjumlah 25 orang bersenjata api. Mereka masuk dari pintu belakang Polsek.

Tiga polisi ditembak mati di lokasi penyerangan. Mereka adalah Bripda Ilham, Briptu Muhamad Rashid Rido Matdoan, dan Bripda Armansyah. Polisi yang terluka tembak, yakni Bripda Rian dan Bripda Dumapa.

Selain memberondong polisi yang berjaga di markas, kelompok separatis Iris membawa kabur tujuh senjata api. Senjata polisi yang dicuri berupa AK-47 dan SS-1 masing-masing dua pucuk, serta laras panjang atau moser tiga pucuk. Bersama senjata, satu peti amunisi juga digondol. []GOOD INDONESIA-JPT


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here