Berupaya Ikut Pemilu, PPP Kubu Djan Farid Temui KPU Soal Dualisme

Ketua Umum DPP PPP Djan Faridz (kiri) (Istimewa/bogor-today.com)

Jakarta – Dualisme kepengurusan PPP belum selesai. Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil muktamar Jakarta Djan Faridz bersikap kubunyalah yang sah dan berhak mengikuti Pemilu 2019. Sedangkan buku PPP Romahurmuziy (Romi) ilegal.

Guna memperjuangkan kepesertaannya pada pemilu mendatang, Djan menemui pemimpin KPU RI di Jakarta, Senin, 9 Oktober 2017. Dia melakukan konsultasi terkait sengketa partai berlambang kabah di Kementerian Hukum dan HAM (Menkumham) yang dianggap belum tuntas.

“Yang terutama penjelasan masalah hukum. Kami jelaskan bahwa dasar hukum yang dipakai Menkumham menerbitkan SK pihak lain itu (kubu Romi) bertentangan dengan undang-undang, bertentangan dengan hukum, bertentangan dengan sumpah jabatan,” kata Djan kepada pers usai konsultasi.

Ditambahkan, pihaknya bersyukur atas respons KPU, yang disebutnya sangat paham atas status hukum Muktamar Jakarta (kubu Djan).

Mantan Menteri Perumahan Rakyat itu menyatakan dirinya berterima kasih pada pemimpin KPU yang telah memberi kesempatan audiensi. KPU disebutkan memahami proses hukum dualisme masih berjalan. 

“Kami diminta bersabar sebentar. Mereka akan plenokan permasalahan ini di internal sehingga bisa memutuskan sesuatu yang terbaik untuk Muktamar Jakarta,” harap Djan.

[Baca juga: Gerilya Meski Belum Terima SK, Uu: Tak Mungkin PPP Rekomendasi Calon Lain]

Selain itu, masih menurut Djan, KPU akan menindaklanjuti hasil konsultasinya sebelum memutuskan apakah PPP kubu dirinya atau PPP kubu Romi yang berhak mengikuti Pemilu 2019.

Menurut Djan, KPU juga akan berkonsultasi dengan pihak luar. Tidak langsung memutuskan siapa yang sah tetapi kembali mengonfirmasikan kepada menterinya terkait dengan masalah ini.

Djan menambahkan PPP kubu dirinya sebenarnya telah bersiap melakukan pendaftaran ke KPU. Pendaftaran akan dilakukan setelah KPU memutuskan kubu PPP yang sah. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here