Di Rumah Prabowo, Rapat Cagub-Cawagub Jatim Koalisi Reuni ‘Deadlock’

Presiden DPP PKS M. Sohibul Iman (kiri), Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah), dan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan memberi keterangan pers usai melakukan rapat tertutup. Pertemuan digelar di kediamanan Prabowo Subianto di Jakarta, Rabu malam, 3 Januari 2018 (Madi Cakra/PemiluUpdate.com)

Jakarta – Elit tertinggi Koalisi Reuni kembali berkumpul di Jakarta, Rabu malam, 3 Januari 2018. Mereka adalah Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden DPP PKS M. Sohibul Iman, dan Ketua Umum DPP PAN Zukfli Hasan. Hadir pula beberapa pengurus inti ketiga parpol.

Koalisi Reuni telah mendeklarasikan persekutuan nasional menghadapi Pilkada 2018, khususnya di provinsi tambun pemilih. Kesepakatan kebersamaan dimaksud, antara lain, pada Pilgub Jawa Barat (Jabar), Pilgub Jawa Tengah (Jateng), dan Pilgub Jawa Timur (Jatim), dan Pilgub Sumatera Utara (Sumut).

Lima hari menjelang jadwal hari pertama pendaftaran pasangan calon di KPU, pertemuan tertutup itu belum menyepakati duet kandidat untuk Pilgub Jateng dan Pilgub Jatim. Pembahasan deadlock, sehingga akan dilanjutkan dengan pertemuan lanjutan pada satu-dua hari ke depan.

“Kami pimpinan tiga partai tadi membahas dan menyempurnakan seleksi calon-calon gubernur-wakil gubernur. Terdapat banyak kesepakatan, tetapi masih ada hal-hal yang terus kami sempurnakan hingga detik terakhir,” kata Prabowo usai pertemuan itu di kediamannya, Jakarta, Rabu malam, 3 Januari 2018.

Presiden DPP PKS Sohibul Iman mengungkapkan hal yang sama. Dia menjelaskan ketiga partai masih belum menemui kesepahaman tentang siapa yang akan diusung pada Pilgub Jatim.

“Soal Jatim merupakan kelanjutan pertemuan kami kemarin. Hari ini kami bahas kembali. Belum juga sampai kesimpulan bersama. Karena itu, kami akan bahas kembali,” ujar Sohibul.

[Baca juga: Koalisi Pilgub Jatim: Pertarungan Barisan Pendukung Jokowi versus Poros Oposisi]

Khusus Pilgub Jateng, Sohibul menambahkan ketiga partai sudah bulat mengusung mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebagai calon gubernur (cagub). Namun mereka belum menyepakati siapa pendamping (calon wakil gubernur, cawagub) tokoh yang disodorkan Gerindra itu.

“Karena Pak Dirman (Sudirman Said) hadir tadi juga dibahas soal wakilnya di Jateng. Masih ada beberapa kandidat yang kita saring. Insya Allah kami akan segera menginformasikan perkembangannya,” tutur Sohibul.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menegaskan ketiga pimpinan parpol sepakat tidak terburu-buru memutuskan siapa kandidat yang akan diusung pada Pilgub Jatim dan Jateng.

“Ini masih lama. Enam hari (penutupan pendaftaran) ini masih panjang. Jadi terus akan disempurnakan sama-sama. Pilkada perlu kesabaran untuk mendapat yang terbaik,” kata Ketua MPR ini.

Jadwal pendaftaran pasangan calon kepala daerah di KPU pada 8-10 Januari 2018. Biasanya, koalisi parpol menggelar acara deklarasi pasangan jagoannya sebelum mendaftar resmi di KPU, atau minimal hari yang sama dengan saat ke KPU. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here