KPU Batal PK Putusan PTUN, PKPI Otomatis Resmi Jadi Kontestan Pemilu 2019

Logo Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) (Istimewa/Dok. Bening.Media)

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) batal mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), atas dimenangkannya PKPI.

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia menjadi partai terakhir yang disahkan sebagai kontestan Pemilu 2019. Nomor urutnya: 20.

“KPU tidak dapat mengajukan PK. Ketentuan sudah diatur dalam Peraturan MA (PerMA),” kata Komisioner KPU RI Hasyim Asyari kepada pers, Rabu, 25 April 2018.

Hasyim menjelaskan PerMA Nomor 5/2017 Pasal 13 point 5 yang berbunyi: Putusan pengadilan tata usaha negara sebagaimana dimaksud pada ayat (2) bersifat final dan mengikat, serta tidak dapat dilakukan upaya hukum banding, kasasi atau peninjauan kembali.

Atas dasar itu KPU tidak dapat mengajukan upaya hukum apapun, termasuk mengajukan PK ke MA. KPU tidak lagi bisa melakukan gugatan atas putusan PTUN yang memenangkan PKPI.

“Dengan demikian status hukum putusan PKPI sudah berkekuatan hukum. KPU tidak dapat mengajukan PK,” jelasnya. []GOOD INDONESIA-RMK


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here