DPRD Kota Bekasi Bahas Serius Kasus Pelanggaran Netralitas Sekda

Demonstrasi atas dugaan ketidaknetralan Sekda Kota Bekasi pada Pilwalkot Bekasi 2018 (Istimewa/teropongindonesia.com)

Kota Bekasi – DPRD Kota Bekasi membahas serius kasus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji yang telah divonis Komisi Aparatur Sipil Negara (Komisi ASN) tidak netral pada Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Kota Bekasi 2018.

Selain itu ditengarai kuat terjadi upaya sistematis-masif para kepala dinas jajaran Pemerintahan Kota Bekasi mendukung pemenangan pasangan calon (paslon) petahana Rahmat Effendi-Tri Adhianto (nomor pilih 1).

Anggota DPRD Kota Bekasi Epi Susanto menandaskan hal tersebut saat dihubungi GOOD INDONESIA di Kota Bekasi, Sabtu, 26 Mei 2018. Politikus Partai Gerindra ini mengatakan DPRD berupaya agar penanganan soal netralitas ASN dimaksud harus sesuai undang-undang yang berlaku.

Ditambahkan, DPRD Kota Bekasi telah berkoordinasi dengan KPU RI di Jakarta guna memastikan ASN –dan juga anggota DPRD– tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada 2018. Dalam hal ini Pilwalkot Bekasi dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Namun, Epi merinci penindakan penanganan kasus pelanggaran netralitas sepenuhnya domain Panwaslu.

“Yang berperan aktif sebagai wasit Panwaslu. Mereka juga harus betul-betul netral. Kalau sudah ada temuan dan bukti kuat sesuai fakta di lapangan harus ditindaklanjuti oleh Panwaslu,” tandas Epi.

Ditegaskan lagi, lembaga yang diperintah undang-undang menuntaskan kasus pelanggaran netralitas ASN yakni Panwaslu. Menjadi masalah besar, kata Epi, jika Panwaslu juga ikut berpihak dalam proses pelaksanaan tahapan pilkada.

Pada kesempatan yang sama, Epi menyampaikan bahwa ASN diwajibkan tetap netral pada pelaksanaan Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019. ASN jelas-jelas dilarang melibatkan diri berpolitik praktis.

“Adapun nanti waktu pemilihan, hal ASN menggunakan hak pilihnya pada hari H di TPS (Tempat Pemungutan Suara). ASN harus netral, tidak berpihak kepada salah satu paslon,” tuturnya. []Herry Febrianto/RE


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here