Bakamla Tangkap Tiga Kapal Malaysia Curi Ikan di Selat Malaka

KN Bintang Laut-401 dan personel Bakamla RI [Foto: mediakorannusantara.com - GOOD INDONESIA]

Kesiagaan jajaran Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) yang tak kendur, meski saat libur pergantian tahun 2021, berbuah.

Petugas Bakamla menangkap tiga kapal Malaysia beroperasi dalam wilayah RI di Selat Malaka, beserta ikan hasil curian.

Direktur Operasi Laut (Diropsla) Bakamla Laksamana Pertama Bakamla Suwito, selaku Pelaksana Harian (Palakhar) Operasi Laut Bakamla, mengungkap hal itu tersebut kepada pers, Rabu, 6 Januari 2021.

Suwito merinci penangkapan dilakukan personel KN Bintang Laut-401 saat melakukan patroli dalam Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut Dalam Negeri (Opskamlamla XII). Petugas mendapati kontak mencurigakan dari hasil pantauan radar yang menunjukkan aktivitas kapal yang tidak biasa.

[Baca juga: Kekayaan Maritim Indonesia Bikin Ngiler]

“KN Bintang Laut-401 yang dikomandani Letkol Bakamla Margono segera melakukan pendekatan dan mengetahui adanya KIA (kapal ikan asing) dari Malaysia yang sedang melakukan penangkapan ikan ilegal dan kedapatan sedang menarik jaring,” ungkap Siwito.

Saat didekati, kapal pencuri ikan berusaha melarikan diri dengan memutus jaring ikannya. Berkat kesigapan awak KN Bintang Laut-401, kapal tersebut bisa dihentikan.

Tidak hanya satu kapal, KN Bintang Laut-401 berhasil menangkap tiga KIA asal Malaysia. Barang buktinya kurang-lebih tiga ton ikan campuran.

[Baca juga: Gerindra Sarankan Kapal Asing Maling Ikan Dihibahkan ke Nelayan Miskin]

“Awak ketiga kapal masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Mengantisipasi pelanggaran lain yang potensial terjadi, seperti penyelundupan khususnya narkoba, di Selat Malaka,” jelas Diropsla Bakamla

Seluruh awal KIA Malaysia dan ketiga kapalnya dibawa ke Belawan, Medan, untuk menjalani proses lanjutan. []GOOD INDONESIA-ALY

Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV

INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here