Ichsan Yasin Limpo-Cakka Yakin Kantongi Dukungan Cukup Parpol

Calon gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo (kiri) dan pendampingnya, Opu Cakka (Istimewa/rakyatku.com)

Makassar – Calon gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Ichsan Yasin Limpo (IYL) memastikan dirinya bersama Opu Cakka, sebagai pendamping, ikut dalam kontestasi Pilkada 2018. Ia bersama tim suksesnya telah bersiap menggelar konsolidasi sekaligus syukuran atas kecukupan dukungan parpol yang dikantonginya.

“Setelah mendapat tambahan rekomendasi dari parpol nantinya, kami akan agendakan konsolidasi sekaligus syukuran. IYL-Cakka resmi masuk arena pilgub,” tegas Ichsan di Makassar, Senin, 23 Oktober 2017.

Dikatakan, kecukupan dukungan parpol diperoleh berkat perjuangan keras. Upaya sejumlah pihak dan kelompok menjegalnya agar gagal maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan, menurut Ichsan, dilawannya.

“Atas izin Allah, IYL-Cakka masuk ke arena pilgub melalui dukungan parpol. Mereka lupa bahwa kami adalah petarung sejati,” tuturnya.

Keteguhan juga ditunjukkan saat mempertahankan Cakka sebagai calon wakil gubernur. Ichsan mengungkapkan beberapa parpol memintanya agar mengganti Bupati Luwu dua periode itu. Namun, sebutnya, ia mempertahankannya.

[Baca juga: Dua Kubu Berebut Rekomendasi PAN, Nurdin-Aziz Berpotensi Koalisi Gemuk]

Menurut Ichsan yang juga kerap disapa Punggawa menyatakan dirinya pantang mencabut pernyataannya jika sudah keluar ke publik. Cakka dijadikannya wakil melalui berbagai proses. Bukan dipaksakan atau ditetapkan berdasar tekanan. Murni atas berbagai pertimbangan, sekaligus kesamaan pandangan membangun Sulsel.

“Sebelum saya menetapkan Opu Cakka, kami sudah ukur kemampuan beliau, terutama kelemahannya. Tidak mungkin saya mencabut pernyataan dan komitmen. Itu bukan kebiasaan saya, lain di mulut lain di perbuatan,” tandas Ichsan.


Baru PPP

IYL-Cakka sejauh ini sudah mendapat restu PPP dan PAN. Namun PAN belakangan juga menerbitkan rekomendasi ke kandidat lain. Praktis baru PPP yang dipastikan di belakang duet IYL-Cakka. IYL yakin memperoleh dukungan parpol lain tetapi tak disebutkan partai dimaksud.

[Baca juga: PAN Tinggalkan Adik Gubernur Sulsel, Beralih Dukung Pak Prof]

Pasangan IYL-Cakka juga menggalang dukungan partai non-parlemen. Pengalaman panjang keduanya memimpin pemerintahan kabupaten menjadi modal menggalang dukungan parpol.

Dalam beberapa kesempatan, Ichsan Yasin Limpo mengutarakan bahwa dirinya bersama Cakka bukanlah pasangan instan, yang dibentuk beberapa gelintir kekuatan saja. Duet ini telah melalui proses musyawarah-mufakat dengan melibatkan sejumlah tokoh dan elemen masyarakat Sulawesi Selatan. []MIH


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here