Komnas Umumkan Hasil Penyelidikan Pembunuhan 6 Laskar FPI

Komnas HAM [Foto: breakingnews.co.id - GOOD INDONESIA]

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) merilis perkembangan penyelidikannya atas pembunuhan enam laskar Front Pembela Islam (FPI), Senin siang, 28 Desember 2020.

Publikasi temuan lapangan komisi dilaksanakan di Ruang Pleno Utama Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat.

Keenam korban tewas, yakni Andi Oktiawan, Ahmad Sofiyan alias Ambon, Faiz Ahmad Syukur, Muhammad Reza, Lutfi Hakim, dan \Muhammad Suci Khadavi.

[Baca juga: Enam Pentolan FPI Tewas Ditembak Polisi, HRS Selamat]

Informasi Ketua Tim Penyelidikan Komnas HAM M. Choirul Anam diterima GOOD INDONESIA pada Senin pagi.

Enam laskar FPI yang tewas ditembak [Foto: radarcirebon.com – GOOD INDONESIA]

Menghina Proses Hukum

Sementara itu, sebelumnya, Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Fatia Maulidiyanti mengungkapkan pembunuhan enam laskar yang tengah mengawal Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sebagai pelanggaran HAM.

Menurut KontraS, aparat berwajib secara wenang-wenang menembak enam anak muda dimaksud sehingga nyawa mereka melayang.

[Baca juga: Pangdam Jaya Ngotot Perangi FPI, Munarman: Atas Perintah Presiden]

Tidak hanya tergolong pelanggaran HAM, KontraS menyebut pembantaian itu sebagai bentuk penghinaan terhadap proses hukum dan pengingkaran atas azas praduga tidak bersalah dalam pencarian keadilan.

“Kontras melihat ini (pembunuhan 6 Laskar FPI) terang merupakan pelanggaran HAM, pelemahan terhadap hukum, dan mencelakai yang namanya praduga tidak bersalah,” tandas Fatia di Jakarta pada Jumat pekan lalu (25/12/2020).

Dijelaskan, terdapat aspek yang membuat KontraS menilai kejadian dimaksud masuk kategori pelanggaran HAM yakni dilakukan oleh institusi negara. []GOOD INDONESIA-HDN

Like & Subscribe: Kanal Youtube GOOD TV

INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111.67.8866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here