Hari Ini, Khofifah dan Bupati Ponorogo Bahas Calon Wakil Gubernur

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (Istimewa/suaramedianasional.co.id)

Ponorogo – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa yang juga calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2018 menyambangi Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada Sabtu pagi, 21 Oktober 2017.

Kunjungan ini diperkirakan kuat, antara lain, berkaitan dengan kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Khofifah kini mencari calon pendamping dirinya sebagai kandidat kontestan pilgub. Kalaupun akhirnya tidak menjadi calon wakil gubernur, komunikasi ini diduga berhubungan dengan dukungan pemenangan.

Sebelumnya, calon wakil gubernur (cawagub) dari PDI Perjuangan Abdullah Azwar Annas (bupati Banyuwangi) menemui Ipong.

“Bu Khofifah memang ke Ponorogo pagi ini,” kata Ipong di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Mengonfirmasi agenda Sang Mensos yang belakangan ini lebih banyak menggelar safari di Jawa Timur dibanding provinsi lasin, Ipong enggan menjelaskan misi politik Khofifah sebagai calon gubernur (cagub).

Ipong mengungkapkan Khofifah ke Ponorogo karena ingin meresmikan gedung milik Pondok Pesantren Al Mawaddah di Kecamatan Jetis Ponorogo. Mensos Khofifah sudah lama diagendakan untuk meresmikan gedung dimaksud namun baru sekarang memiliki kesempatan.

“Siangnya memang saya ajak ke Pringgitan, rumah dinas untuk makan siang. Bukan untuk membicarakan tentang cawagub,” akunya.

Ditanya apakah dirinya dilamar untuk dijadikan calon wakil gubernur, Bupati Ipong tak memberi jawaban. “Sudah saya katakan berulang kali jika yang tanya itu ketua partai saya baru jawab. Kalau wartawan, saya juga nggak mau,” tutur Ipong.


Tim Sembilan

Penjaringan calon wakil gubernur Jawa Timur pendamping Khofifah kini ditangani Tim Sembilan. Setidaknya delapan jagoan yang kini dielusnya. Pertengahan November 2017, nama-nama calon pendamping akan diserahkan ke Khofifah.

[Baca juga: Parpol Pengusung Khofifah Cukup, Segera Menghadap Presiden Jokowi]

“Kami membutuhkan waktu satu sampai dua minggu untuk menentukan delapan kandidat tersebut. Kemudian pertengahan November atau sebelum 15 November kami sudah menyodorkan delapan tokoh itu kepada bu Khofifah,” kata juru bicara Tim Sembilan KH Asep Saifuddin Chalim di Surabaya, Kamis malam, 19 Oktober 2017.

Hari itu, rapat tertutup digelar tiga jam di kediaman KH Asep Saifuddin di Jalan Siwalankerto Utara I, Surabaya.

“Kami akan menyodorkan delapan kandidat pendamping kepada Bu Khofifah. Selanjutnya beliau yang akan menentukan siapa calon yang pas dijadikan calon Wakil Gubernur Jatim,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Umah itu.


Kinerja Ipong

Februari lalu, Ipong baru setahun memimpin Kota Reog, julukan Ponorogo. Meski demikian, kinerjanya cukup kinclong di mata masyarakat. Salah satu hasil program kerjanya yang menonjol adalah pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan.

Bukan cuma fasilitas umum dimaksud, Ipong juga memberi perhatian serius terhadap sektor pertanian. Infrastruktur pertanian, seperti saluran irigasi, digenjotnya. Hal ini memungkinkan produksi pertanian pangan Ponorogo meningkat cukup signifikan.

[Baca juga: Santri Berencana Temui Jokowi agar Izinkan Khofifah Maju Pilgub Jatim]

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Ponorogo mendapatkan penghargaan World Bank atas kinerja penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam pengelolaan keuangan desa.

Bupati Ipong lalu diundang menjadi narasumber pengenalan program Siskuedes di India pada 22 Januari 2016. []SJT


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here