Muraz Nilai Verifikasi Parpol Gunakan Aplikasi Sipol Sulit dan Rumit

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi Mohamad Muraz dalam sesi wawancara dengan awal media. (Herry Febrianto/PemiluUpdate.com)

Kota Sukabumi – Tahapan verifikasi partai politik menggunakan aplikasi Sistem Informasi Parpol (Sipol) yang diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) dinilai tergolong sulit dan rumit oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Pernyataan orang nomor satu di Kota Sukabumi itu disampaikan kepada wartawan usai menghadiri undangan KPU Kota Sukabumi terkait akan dilaksanakannya kembali verifikasi parpol, Senin, 29 Januari 2018. Rencananya verifikasi dilaksanakan mulai Selasa hingga Kamis (30 Januari-1 Februari).

Kendala lain yang dinilai Muraz cukup rumit terkait proses pendaftaran keanggotaan di setiap parpol. Pasalnya, setiap anggota parpol harus dipastikan kehadirannya saat nanti akan diverifikasi.

“Mengakses Sipol saja tidak mudah. Anggota parpol yang masuk harus sekian orang. Kalau kita kan inginnya semua anggota masuk. Apalagi orang yang akan diverifikasi harus datang, bagaimana misalnya harus berbenturan dengan pekerjaan,” tandas Muraz.

Muraz berharap, meski aturan verifikasi semakin rumit dan ketat semua parpol di Kota Sukabumi bisa lolos di tengah pelaksanaan aplikasi Sipol yang terkesan mendadak.

“Bagi parpol besar mungkin tidak ada masalah. Tapi kasihan yang di bawah dan partai-partai baru. Mestinya KPU RI juga melihat kondisi di daerah serba mendadak,” ungkapnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Sukabumi, Dedi Setiadi menjelaskan pihaknya sengaja mengundang seluruh pengurus partai politik dalam rapat teknis terkait verifikasi parpol bagi 12 parpol lama dan baru.

“Verifikasi ini merupakan amanat hasil putusan Mahkamah Konstitusi, terutama bagi parpol lama,” jelasnya.

Teknis verifikasi parpol, ungkap Dedi, lebih kepada susunan kepengurusan, sekretariat, domisili dan jumlah keterwakilan perempuan. Bagi parpol baru, verifikasinya hanya keanggotaannya lagi,” pungkasnya. []Herry Febrianto


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here