KPU Jabar Targetkan Distribusi Surat Suara Selesai 6 Juni

Ilustrasi: Surat suara (Istimewa/beritasumbar.com)

Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menargetkan distribusi surat suara selesai pada 6 Juni 2018. Saat ini, KPU Jabar telah mendistribusikan sebanyak 22,2 juta dari total 32,6 juta lembar surat suara ke 19 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk Pilgub Jabar, 27 Juni 2018 mendatang.

“Sesuai konsultasi dengan produsen percetakan di Cikarang, produksi dan distribusi surat suara dari total hampir 32,6 juta lembar ini akan selesai per tanggal 6 Juni,” kata Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq, Rabu 30 Mei 2018.

Endun mengungkapkan KPU kabupaten/kota yang telah menerima surat suara harus langsung melakukan proses manajemen logistik mulai dari menyortir, melipat sampai mengikat surat suara. Hal itu dilakukan untuk menghitung dan memisahkan surat suara yang rusak.

“Ada beberapa kabupaten/kota yang sudah selesai menyortir, melipat dan mengikat surat suara,” tambahnya.

Dikatakan Endun, bilamana pada saat proses penyortiran ada surat suara yang rusak atau kotor, maka harus dilanjutkan penyortiran tersebut sampai selesai. Setelah itu, baru dihitung surat suara yang rusak tersebut dan dibuatkan berita acara yang selanjutnya diajukan ke KPU Jabar.

Endun menegaskan KPU Jabar akan memperketat pengamanan pendistribusian surat suara dari percetakan, lalu di KPU kabupaten/kota sampai ke tahap pemungutan suara.

“Surat suara ini jadi barang istimewa, kami akan memperhatikan keamanannya dari mulai distribusi, saat penyortiran, kemudian di gudang KPU kabupaten/kota, sampai hari pemungutan suara. Faktor pengamanan sangat penting, dan itu menjadi konsen kami sebagai penyelenggara,” tandasnya. []BBI/BDG


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here