DPR Serahkan Buku Protap Penanganan Kasus Korona kepada Menkes

Buku protap penanganan virus korona yang diterbitkan pemerintah Republik Rakyat Cina [Foto: Dok. GOOD INDONESIA]

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Sufmi Dasco Ahmad mengemukakan pihaknya dalam waktu dekat menyerahkan buku panduan prosedur tetap (protap) penanganan virus korona kepada Kementerian Kesehatan.

Buku protap dimaksud diperoleh DPR RI setelah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak –termasuk pemerintah Cina– sehubungan pandemi covid-19, yang kini telah menelan korban lebih 4.600 jiwa di seluruh dunia.

“Panduan protap berupa detail pencegahan, pemantauan, diagnosis, dan manajemen penanganan merebaknya virus korona. Buku ini diterbitkan oleh otoritas kesehatan Republik Rakyat Cina.” kata Sufmi kepada GOOD INDONESIA di Jakarta, Jumat, 13 Maret 2020.

Pandemi covid-19 berawal dari Cina, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Warga Cina tercatat paling banyak terpapar virus korona. Begitu pula total korban jiwa akibat penyakit covid-19, yang disebabkan virus korona.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu menambahkan buku dimaksud juga berisi informasi bahan farmasi dan herbal untuk pengobatan penderita covid-19.

Bahan obat tersebut, menurut Sufmi, terdapat pada bahan herbal yang banyak terdapat di Indonesia.

“Semoga buku panduan protap penanganan korona ini membantu Pemerintah RI dalam pencegahan, penyebaran, dan penanggulangan virus korona,” tuturnya.

Sufmi menegaskan isi buku memandu instansi dan pihak terkait “cepat deteksi, cepat lapor, cepat diagnosis, cepat karantina, cepat diobati, menurunkan penyebaran epidemi, menurunkan tingkat kematian dan derajat sakit, meningkatkan gaya hidup sehat, dan menjaga stabilitas sosial”.

“Buku ini akan diserahkan dalam waktu dekat kepada Menteri Kesehatan RI melalui anggota komisi IX DPR RI,” ungkap Sufmi. []GOOD INDONESIA-HDN


[INDONESIA’S LATEST REFERENCE NEWS AGENCY. Redaksi, Iklan, & Kerja Sama: 08111678866 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here