Sudirman Said Resmi Jadi Cagub Jateng, Diusung Tiga Parpol

Calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018 Sudirman Said (ke-2 kanan) usai jumpa pers di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2017 (istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya resmi juga mengusung Sudirman Said sebagai calon gubernur (cagub) yang akan diusung pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

Pengumuman rekomendasi PKS kepada Sudirman disampaikan Presiden PKS Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2017.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subiyanto, Rachmawati Soekarnoputri, dan sejumlah petinggi PKS dan Gerindra hadir dalam penyampaian usungan tersebut.

Dengan dukungan resmi PKS berarti terdapat tiga partai yang mengusung Sudirman –yang kali pertama disodorkan Partai Gerindra. Total kursinya di DPRD Jawa Tengah (Jateng) 29, yakni Gerindra 11, PAN delapan, dan PKS 10. Kursi yang dibutuhkan untuk ikut kontestasi Pilgub Jateng 2018 minimal 20.

Pengumuman keputusan koalisi Gerindra, PKS, dan PAN tersebut bersamaan dengan penyampaian cagub-calon wakil gubernur (cawagub) yang diusung PKS di empat provinsi lain. Cagub-Cawagub Kalimantan Timur yakni Isran Noor-Hadi Mulyadi, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Jawa Barat), Edy Rahmayadi-Rajeksyah (Sumatera Utara), dan Muhammad Kasuba-Majid Husen (Maluku Utara).

Semua cagub yang diumumkan sudah memiliki pasangan, kecuali Sudirman. Diapun diminta bergerilya untuk mencari calon pendampingnya.

“Pak Dirman (Sudirman) sekarang masih sendiri. Nanti segera mencari wakilnya,” kata Sohibul.


Cari Pendamping

Usai acara pengumuman pasangan kandidat cagub-cawagub di beberapa provinsi itu, Sudirman kepada pers menyampaikan bahwa dirinya sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak guna menjajaki sosok pendampingnya. Dengan usungan resmi tiga parpol, mantan menteri ini mengaku komunikasi makin intensif digelarnya.

“Saya sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah kandidat. Ada nama Gus Yusuf, Bu Rustri, Gus Yasin, dan sejumlah nama lainnya. Insya Allah minggu pertama Januari 2018, nama cawagub akan diumumkan,” kata Sudirman.

Terkait dukungan PKS, Sudirman mengatakan dirinya mendapatkan suntikan kekuatan dalam menghadapi Pilgub Jateng.

“Apa yang diperintah DPP akan diikuti oleh kader-kader di bawah tanpa banyak protes dan tanya. Hari ini saya mendapat tambahan modal yang sangat besar untuk memenangkan hati masyarakat Jateng, sehingga cita-cita ‘Mbangun Jateng, Mukti Bareng’ bisa diwujudkan,” kata Sudirman. []Madi Cakra


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here