Pilgub Sultra, PDIP Merapat ke Koalisi PKS dan PAN

Calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun dan calon wakilnya, Hugua, pada Pilgub 2018 (Istimewa/zonasultra.com)

Jakarta – Fakta politik “langka” juga tergelar pada Pilgub Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018. Di sini, duet Asrun-Hugua baru saja menambah satu perahunya setelah PDIP memutuskan bergabung bersama PKS dan PAN.

Asrun-Hugua sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) DPP PDIP. SK bernomor 3478/IN/DPP/XI/2017 diserahkan Bendahara DPP PDIP Juliari P. Batubara kepada keduanya di Kantor PDIP DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin sore, 5 November 2017.

Hugua mengonfirmasi tiket resmi dari PDIP buat dirinya dan pasangan, masing-masing sebagai calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) Sultra. SK ditandatangani Ketua Desk Pilkada DPP PDIP Bambang DH dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

“SK rekomendasi ini bersifat final. DPP menetapkan Pak Asrun sebagai cagub dan saya sebagai cawagub. Berikutnya, seperti cagub dan cawagub Jatim dan Sulsel, nanti akan diumumkan langsung Ketua Umum DPP PDIP,” kata Hugua saat dihubungi malamnya.

[Baca juga: PDIP-PKB Jalin Koalisi di Pilkada Kota Sukabumi, Golkar?]

Ketua DPD PDIP Sultra itu menambahkan SK dimaksud sudah melalui mekanisme sebagaimana seharusnya. SK nantinya dikeluarkan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto hanya untuk proses administrasi di KPU Sultra saja.

“Tapi, ini sudah final. Tidak akan berubah lagi. Ketua Umum sudah merestui,” dia kembali menegaskan.

Lebih jauh, mantan Bupati Wakatobi dua periode itu menjelaskan dalam SK rekomendasi tertuang beberapa hal. Di antaranya, DPP PDIP merekomendasi Asrun sebagai cagub dan Hugua sebagai cawagub periode 2018-2023. Berikut, menginstruksikan jajaran DPD PDIP Sultra untuk menjalankan perintah tersebut dengan menindaklanjutinya.

Asrun adalah mantan wali kota Kendari []DRI


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: goodindonesia01@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here